Jun23

Sejarah Tentang Raden Walangsungsang atau Yang Sering disebut Raden Kian Santang

Diposting oleh WiepheX Paradize wiephex heck in • Di: Story And Technology

Raden Kian Santang
Kian-Santang-A61.jpg

Pasti Sahabat Tau tentang film Raden Kian Santang di MNCTV, dan sahabat jangan dulu keliru karena saya punya sepenggal kisah yang katanya putra dari Prabu Siliwangi ini.
6615520.jpg

Kian Santang adalah tokoh tasawuf dari tanah pasundan yang ceritanya melegenda khususnya di hati masarakat pasundan dan kaum tasawuf ditanah air pada umumnya. Tokoh kian-santang ini pertama kali berhembus dan dikisahkan oleh raden CAKRABUANA atau pangeran walangsungsang ketika menyebarkan islam ditanah cirebon dan pasundan.

Pangeran cakrabuana adalah anak dari prabu sili-wangi atau jaya dewata raja pajajaran, yang dilahirkan dari permaisuri ketiga yang bernama nyi subang larang, subang-larang sendiri murid dari mubaliq kondang yaitu syeh maulana-hasanudin atau terkenal dengan syeh kuro krawang.

Mulanya yaitu, ketika raden walangsungsang memilih untuk pergi meninggalkan galuh pakuan atau pajajaran, yang di sibebabkan oleh keberbedaan haluan dengan keyakinan ayahnya yang memeluk agama “shangyang”, pada waktu itu. diriwayatkan beliau berkelana mensyi’arkan islam bersama adiknya yaitu rara santang (ibu dari syarif hidayatullah atau “sunan gunung jati”) dengan membuka perkampungan di pesisir utara yang menjadi cikal-bakal kerajaan caruban atau kasunanan cirebon yang sekarang adalah “kota madya cirebon”.

Legenda kian-santang sendiri diambil dari sebuah kisah nyata, dari tanah pasundan tempo dulu yang ceritanya pada waktu itu tersimpan rapi berbentuk buku di perpustakaan kerajaan pajajaran. Karena pajajaran adalah hasil penyatuan dua kerajaan antara galuh dan kerajaan sunda pura yang dimana kerajaan galuh dan sundapura adalah dua kerajaan pecahan dari taruma negara, yang di masa prabu PURNA- WARMAN yaitu raja ketiga dari kerajaan taruma negara yang di pecah menjadi dua yaitu tarumanegara yang berganti sundapura dan ibukota lama menjadi galuh pakuan. Dan jaya dewata menyatukan kembali dua pecahan kerajaan taruma negara menjadi pajajaran.

Di mana di kisahkan pada waktu itu yaitu abad ke 4m atau tahun 450 pernah terdapat putra mahkota yang sakti mandraguna bernama GAGAK LUMAYUNG yang dalam ceritanya “di tataran suda dan sekitarnya ,tak ada yang mampu mengalahkan ilmu kesaktiannya. hingga suatu saat datang pasukan dari dinasti TANG yang hendak menaklukkan kerajaan tarumanegara. namun berkat gagak lumayung, pasukan TANG dapat di halau dan tunggang-langgang meninggalkan taruma negara.

Semenjak itu raden gagak lumayung di beri sebutan ”KI AN SAN TANG” atau ”penakluk pasukan tang” Di ceritakan sang kiansantang ini karena saking saktinya hingga dia rindu kepingin melihat darahnya sendiri. Hingga sampailah di suatu ketika sa’at dia mendapat wangsit di tapabratanya bahwah di tanah arab terdapat orang sakti mandraguna.

Konon: dengan ajian napak sancangnya raden kian santang mampu mengarungi lautan dengan berkuda saja. “Di mana dalam ceritanya ketika sampai di pesisir beliau bertemu seorang kakek ,dan padanya dia minta untuk di tunjukan di mana orang sakti yang kian santang maksud tersebut”. Dan dengan senang hati si-kakek tersebut menyanggupinya dan sementara dia mengajak beliau “kiansantang” untuk mampir dulu ke rumahnya.

Al-kisah setelah sampai di rumahnya tongkat dari sang kakek tersebut tertinggal di pesisir dan minta kian santang untuk mengambilkanya ,konon dikisahkan si-kian santang tak mampu mencabutnya sampai tanganya berdarah- darah ,disitulah kian santang baru sadar kalau kakek itu adalah orang yang di carinya. Dan akhirnya dengan membaca kalimah syahadat yang di ajarkan sang kakek tadi “yang akhirnya menjadi guru spiritualnya” tongkat tersebut dapat di cabut .

Cerita tersebut membumi sekali sampai saat sekarang. Dan yang aneh, kebanyakan orang menduga kalau kian santang itu adalah raden walang sungsang. Padahal banyak sekali cerita yang sepadan dengan kisah raden walang sungsang tersebut. Yang sesungguhnya dialah yang mengisahkan justru dialah yang di kira pelaku (raden walang sungsang atau pangeran cakrabuana) sebagai tokoh yang diceritakan itu. Tujuannya adalah hanya sebagai media dakwah dan penyebaran islam di bumi cirbon dan sekitarnya. Sehingga sampai sekarang banyak kalangan yang menyangka raden walangsungsang adalah kian santang bahkan ada yang menafikan kian santang adalah adik cakrabuana dan kakak dari rara santang.

Raden walangsungsang mengambil cerita ini dari perpustakaan kerajaan pajajaran dengan pertimbangan karena kisah itu mirip dengan kisahnya, Yang di mana kian santang setelah pulang dari arab dia ingin meng-islamkan ayahnya prabu purnawarman namun di tolaknya dan kian santang memilih meninggalkan istana dan tahtanya di berikan adiknya yaitu darmayawarman. Begitu pula raden walang sungsang yang pernah merantau ke arab dan meningkahkan adiknya rara santang yang di ambil istri oleh putra kerajaan mesir waktu itu dan pernikahan berlangsum di mesir yang dari perkawinan inilah nanti akan lahirlah raden syarif hidayatullah atau sunan gunung jati.

Keinginan Walangsungsang untuk meng-islamkan prabu siliwangi ditolak mentah-mentah dan ayahnya tidak ingin bertarung dengan anaknya maka dia memilih mensucikan diri atau bertapa, konon beliau menjelma macan putih.

Pengambilan kisah penokohan dalam sebuah ceritra seperti ini sebenarnya pernah pula terjadi pada era sebelum raden walang sungsang yang tepatnya dilakukan oleh raja jaya-baya (raja islam pertama di tanah jawa) dari kerajaan panjalu atau kediri, di mana suaktu masih di pegang raja airlangga kerajaan tersebut bernama kerajaan KAHURIPAN dan karena kedua anaknya semua meminta tahta maka kahuripan di bagi dua yaitu panjalu dan jenggala. Sepanjang perkembangan dua kerajaan tersebut selalu bermusuhan dan pada masa kerajaan panjalu dirajai oleh jaya baya, panjalu mampu menaklukkan jenggala dan di satukan lagi antara jenggala dan panjalu.

Pada waktu panjalu menaklukkan jenggala rajanya jaya-baya meminta empu sedha dan empu panuluh untuk mengutip naskah dari india yang judulnya maha barata. namun di ferifikasi dengan gaya jawa. Sebagai perlambang atas kemenangan perang saudara panjalu atas jenggala. Yang akhirnya kitab tersebut di beri judul barata-yuda. Dan dalam kisah klasik jawa ini banyak kalangan masarakat yang mengira bahwa jaya baya adalah kelanjutan dari trah barata yaitu cicit dari parikesit putra abimanyu.

kisah lainnya yang serupa pernah pula hadir kemasyarakat yang tujuannya waktu itu sebagai media dakwah untuk melindungi rongrongan ajaran syariat terhadap kaum sufi.maka ketika bergerak menyebarkan islam WALI SONGO menurt banyak kalangan membuat cerita al-halaq fersi indonesia yaitu syeh siti jenar. Yang menurut Doktor Simon dari UGM Yogja berdasarkan temuannya karya-karya besar berupa naskah suluk dari sunan kali jaga dan lain sebagainya. Dapat di pastikan tokoh siti jenar adalah imajener hanya untuk media dakwah dan melindungi islam agar tetap pada ajaran ahlusunah wa jamaah.

Dan sampai saat ini pendapat itu masih simpang siur dan menjadi perdebatan dan polemik panjang oleh para ahli sejarah di tanah air.

Bagi yang mau download mp3 sang prabur ost kian santang bisa sahabat download di bawah ini.

Sumber: Kandjeng Pangeran Karyonagoro,2005

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, selamat beraktifitas.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

41 tanggapan untuk "Sejarah Tentang Raden Walangsungsang atau Yang Sering disebut Raden Kian Santang"

16:35, 23-Jun-12
Hasby

jd tau ni q,thanks ya.

16:40, 23-Jun-12
Danang ReYvalda Hacker Nokia N73 ME INSIDE

Artikel menarik sob smile
Nices Artikel ,

16:52, 23-Jun-12
Ipunkwardana

wahhh tak baca sampai tuntas tas taaasss biggrinbiggrin sejarah he biggrinbiggrin

17:26, 23-Jun-12
ato50

cerita yg menarik...
salam persahabatan dari
ato50.mywapblog.com

17:46, 23-Jun-12
Blogmwb.pun.bz

Kunjungan sore gan! Haekal nyimak aja.
http://blogmwb.pun.bz/css-fb-clone-classic.xhtml

18:15, 23-Jun-12
IndrachZ TheTechC

Tak komen dulu mas biggrin

18:32, 23-Jun-12
IwAn SyAh PuTra

Kunjungan sore sob...

http://iwansp.mywapblog.com

19:25, 23-Jun-12
Adhen

bermanfaat gan

19:58, 23-Jun-12
Widodo

wih . . . .

Panjan banget tuh critanya

23:04, 23-Jun-12
Tumenggung 666™

tu apanya arya kamandanu?

00:30, 24-Jun-12
complonx rezpect™

ane req lagu yg di film dewi bintari gan.,kunjungan baliknya sangat ane tunggu"biggrin

02:49, 24-Jun-12
DJemz Mobile Blogz™

komen dulu baru bca smile
Ijin baca ya bro?

08:03, 24-Jun-12
★ kέTυx•Hαмгøν ☆

ijin nyimak sob

08:27, 24-Jun-12
Ghost Story

Nice info smile

11:59, 24-Jun-12
Bhiel Symbianer's Karawang ™

absen siang sob biggrin
mantap postnya cheesy-grin

mangaf ane bru bsa dtng mklum mbk tri lgy ngmbk biggrin
sukses trus ya sob.
dtnggu kunblnya di
http://abhielwap.heck.in

mksh ats perhtian y sob mrgreen

16:25, 24-Jun-12
Emjebe

tambah lg pngetahuan nih

18:35, 24-Jun-12
Arief-Themoenx™

Selamat malam sob. Ane datang kembali cheesy-grin untuk mampir cheesy-grin . Maaf telat lagi hehehe. Keren artikelnya teruslah menulis biggrin ya .

http://arief-themoenx.mywapblog.com/

11:10, 25-Jun-12
Molder SP

kunjungan pagi kang maaf telat

00:49, 27-Jun-12
bolay™hack

met istirahat aja..maaf baru mampir..

12:31, 27-Jun-12
sutrisno

met siang sob,follow sukses ditunggu di http://jagsas heck.in mwb blm ada 1bln,baru belajar ngeblok masih banyak kekurangan tolong ditengok sob

10:02, 28-Jun-12
Vharra amalia

Fto.x ridho mna

21:43, 29-Jun-12
deddy

Sangat menarik....

08:16, 03-Jul-12
widya

duhhhh crita.a bgusssssssss bnget (y)

23:32, 04-Jul-12
sri oi sarjana muda fals

dengan segalah hormat...
saya sebagai putra cirebon merasa senang ketika ada cerita prabu siliwangi/kian santang..
setelah saya lihat cerita di TV rasanya kurang, dalam artian pengen menambah waktu.
mohon y...
dikabulkan.
amin...

12:11, 14-Agu-12
leviana sang putri solo

duhh panjang bgt critany wlaupn q bkan orang cirbon tpi q kgum dgn critany

12:21, 17-Agu-12
maria teresa

amit.ya......
aku gak apal jenenge sapa?tapi aku terus nonton tambah lama aku suka orangnya yang bak yangutlus di pajajaran aku gak sudi sama yang jahat aku mau melihat terus aku suka Raden KIan Santang banyak orangnya yang baik aku bisa contoh.wkwkwkwkwk

12:22, 17-Agu-12
maria teresa

jadi suka deh alias So Sweet!!!!!

11:18, 12-Des-12
moh khusaini

Ceritanya menarik ternyata indonesia banyak org yang hebat tp sayang sekarang kehebatan dan kepinteran orang sekarang tidak di iringi dengan ahlak yang mulia sehingga tidak berguna salam kenal www.superluteinclub.net

11:19, 12-Des-12
Lailil khusnia

ceritanya menarik dan menambah wawasan semangat dan sehat selalu www.biosprayclub.net

00:34, 17-Peb-13
alief khadafy

assalamualaikum.wr.wb kawan ana pengen tau garis keturunanya dari klwarga prabu siliwangi bisa ga? makasih dari alif

22:49, 03-Apr-13
sangpendosa

kenapa film raden kiansantang ceritanya malah jadi kayak karangan anak TK. kenapa ceritanya malah dibikin muter2 gakjelas gaknyambung samasekali ama kisah yang sebenarnya. FILM RADEN KIAN SANTANG . YANG TAYANG DI MNCTV GAKNYAMBUNG AMA KISAH YANG SEBENARNYA. MAKASIH.

15:54, 19-Apr-13
Ardiaridi

Saya sbagai orang cirebon.sinetron kian santang ceritanya bener2 ngawung dari sejarah.coba tu pak produser baca BAbad tanah SUNDA/BABAD TANAH CIREBON,biar ngak ngawung ceritanya.

16:51, 23-Apr-13
sanjaya

Di mana di kisahkan pada waktu itu yaitu abad ke 4m atau tahun 450 pernah terdapat putra mahkota yang sakti mandraguna bernama GAGAK LUMAYUNG yang dalam ceritanya “di tataran suda dan sekitarnya ,tak ada yang mampu mengalahkan ilmu kesaktiannya. hingga suatu saat datang pasukan dari dinasti TANG yang hendak menaklukkan kerajaan tarumanegara. namun berkat gagak lumayung, pasukan TANG dapat di halau dan tunggang-langgang meninggalkan taruma negara.

Semenjak itu raden gagak lumayung di beri sebutan ”KI AN SAN TANG” atau ”penakluk pasukan tang” Di ceritakan sang kiansantang ini karena saking saktinya hingga dia rindu kepingin melihat darahnya sendiri. Hingga sampailah di suatu ketika sa’at dia mendapat wangsit di tapabratanya bahwah di tanah arab terdapat orang sakti mandraguna.

klo Kian santang sebagai penyebar islam di jawabarat dan gagak lumayung atau kian santang ada di abad 4m .....trs islam di arab sana munculnya tahun berapa ,kok jd rancu seh.khan islam sekitar thn 6oom......jd puyeng

10:21, 14-Mei-13
nur asiyah

aslkm anna sk ama RDEN KIAN SNTNG tp klw flm skarang mh bnyk di flm kan yg jahat ea emng pd kmna
tlong prbyk yg ga jht

21:22, 14-Mei-13
Zul

GANTI PEMAIN ARGA DANA MUAK AQ MELIHATNYA.OMONG DOANG YANG GEDE

21:22, 14-Mei-13
Zul

GANTI PEMAIN ARGA DANA MUAK AQ MELIHATNYA.OMONG DOANG YANG GEDE

00:47, 18-Mei-13
alwi assegaf

Untuk Memastikan Benar/tidak, Tanya Aja Sama juru Kunci Dari Makam Prabu Siliwangi,dan Prabu Kian Santang

11:24, 12-Jun-13
Ery

Tidak heran kalau itu semua cuma imajiner atau dongeng palsu.
Sejak lahirnya, agama Islam memang dipenuhi oleh HOAX (berupa dongeng palsu) yang sengaja dibuat oleh kalangan Islam sendiri untuk melindungi/memperkuat Islam.
Sampai saat inipun ditengarai umat Islam adalah produsen HOAX (dongeng palsu) nomor satu di dunia. Hoax itu dibuat untuk menujukan seolah-olah islam adalah agama yang paling benar.
Tidak heran banyak kalangan menilai Islam sebagai 'Deception Religion' . . . agama yang hidup dan besar karena memperdaya kaum non-muslim dan juga memperdaya kaum muslim sendiri.

10:27, 30-Des-13
YOGI

ery kenapa kamu menghina agama islam kenapa kamu menghina agama saya ??<br />
seharus nya kamu menghargai agama yang islam dan yang lainya bukan menghina seperti itu..

11:22, 11-Sep-14
raden encon hasanudin cucu dari mama raden arya,kusuma

mksh ats bl0g nya gan sya jdi tau silsilah keturuna saya

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar